KENAPA ORANG yg PENGHASILANNYA PAS-PASAN, OTAKNYA AKAN CENDERUNG MAKIN GOBLOK

Sukses Itu Otaknya
Sukses Itu Otaknya

Yang bilang kalimat diatas bukan saya lho, namun para peneliti ekonomi dari Harvard University.
Penelitian mereka mengungkap fakta yang muram dan mengejutkan : orang yang penghasilan atau gajinya pas-pasan, dalam jangka panjang daya kognisi dan kemampuan otaknya akan makin mandul.
Alias orang itu akan menjadi makin tulalit. Alias menjadi makin goblok.
Nah lho.
Studi gabungan tim peneliti dari Harvard itu, melalui serangkaian eksperimen menemukan fakta : daya kognisi orang dengan penghasilan yang pas-pasan atau bahkan terbatas, akan makin menurun, dan kemampuannya untuk melakukan problem solving menjadi makin memburuk.
Kenapa orang yang penghasilannya terbatas menjadi makin tulalit?
Sebabnya sederhana : karena kemampuan atau kapasitas otak kita itu sejatinya terbatas.
Saat otak kita dibebani pikiran ttg kondisi finansial yang sulit, maka tak ada lagi tersisa ruang dalam otak kita untuk berpikir kreatif tentang solusi.
Apa yang terjadi saat pikiranmu dibebani stress karena memikirkan kondisi keuangan yang serba terbatas?
Cadangan energi otak Anda untuk menyelesaikan beragam problem lain secara kreatif, menjadi habis.
Kapasitas otak Anda sudah habis memikirkan kondisi keuangan yang serba sulit; dan otak Anda menjadi makin tulalit saat diminta menuntaskan problem lain dalam hidup (misal problem pekerjaan, peluang usaha, dll).
Eksperimen itu juga menemukan fakta yang agak lucu namun valid : kecerdasan otak kita saat tanggal muda cenderung lebih bagus dibanding kecerdasan kita saat tanggal tua.
Jadi kalau Anda merasa lebih goblok pas tanggal tua, ndak perlu merasa panik. Hal ini memang wajar adanya
Btw, hasil penelitian ilmiah itu juga memunculkan lingkaran setan yang kelam sepert berikut ini :
orang yang penghasilannya pas-pasan maka kemampuan otaknya akan makin menurun >> membuat kreativitas orang itu menurun >> karena otaknya makin tulalit dan makin tidak kreatif >> maka penghasilannya akan semakin menurun juga >> penghasilan makin menurun, maka kemampuan otak makin menurun.
Lingkaran setan yang muram bukan?
Itulah yang mungkin menjelaskan kenapa sebagian besar orang gagal mengubah nasib; dan penghasilannya tetap stagnan dalam jangka panjang.
Jadi apa SOLUSINYA?
Ada 3 tips praktis untuk menjadi solusi dari keadaan kelam diatas.
Tips # 1 : tetap terus tekun belajar mengembangkan kemampuan diri.
Baca dan pelajari ilmu-ilmu yang berguna, lalu PRAKTEKKAN. Kalau semua ilmu dan tips cuma dibaca, tapi tanpa dipraktekkan ya dampaknya tidak akan ada.
Sebab TEORI tanpa AKSI adalah ILUSI. Sementara AKSI tanpa TEORI adalah ANARKI.
Mungkin sudah tepat, Anda bergabung di grup ini. Sebab grup ini banyak menghadirkan ilmu bergizi tentang pengembangan diri dan peningkatan bisnis kamu.
Dengan terus mempelajari dan mempraktekkan tips-tips yang ada di grup ini, kamu mungkin bisa terus meningkatkan kemampuan sel otak Anda. Agar tidak makin tulalit :)
Tips # 2 : terus memelihara optimisme dan harapan....
Sebab masa depan hanyalah milik orang-orang yang masih percaya dengan harapan hidup yang lebih baik.
Optimisme dan harapan akan masa depan yang lebih baik akan membuat kita terus mau bergerak. Keyakinan akan hasil yang lebih baik akan membuat kita terus gigih mencoba melakukan aksi real. Bukan cuma bengong dan plonga-plongo :)
Sebab penelitian juga menunjukkan, kalau kita terlalu banyak bengong dan tidak melakukan AKSI NYATA (tidak banyak bergerak alias mager), maka sel-sel otak kita malah makin mudah layu.
Orang yang terlalu banyak santai dan cuma baca-baca media social, dan tidak banyak melakukan gerakan nyata (aksi real), terbukti makin lama justru akan makin bodoh. Daya kognisi dan sel otaknya makin nyungsep. Wadoh.
Tips # 3 : Take Massive Action
Makanya, tips terakhir agar sel otak kita tidak mudah layu adalah : just do it. Bergeraklah. Take massive action.
Dengan action, dan tekun mempraktekkan ide-ide yang ada, Anda melatih sel otak Anda untuk terus tumbuh dan berkembang.
Ingat prinsip ini: mager akan membuat sel otakmu layu. Aktif bergerak dan rajin action akan membuat sel otakmu terus tumbuh.
Rajin action dan gigih praktek juga bisa membuat kita jeli melihat peluang perbaikan. Sebab pengalaman nyata dari action adalah guru yang terbaik bagi kehidupan.
Salam sukses penuh barokah,
Yodhia Antariksa
Download gratis 7 materi presentasi bagus tentang kiat sukses bisnis di :
.
www.MenjadiWirausaha.com/sukses

Komentar